Tips Merawat Aki Kendaraan Agar Tahan Lama

Accu atau yang dalam keseharian bahasa Indonesia lebih sering dilafalkan dengan aki merupakan komponen vital bagi setiap kendaraan. Aki bertugas mensuplai arus listrik bagi kendaraan entah itu motor atau mobil yang biasanya digunakan untuk pembakaran mesin, sehingga bagi semua mobil atau sebagian motor yang menggunakan arus listrik DC untuk sumber pengapiannya, penggunaan aki bagaikan jantung dalam tubuh manusia. Tanpa kotak berisi cairan tersebut kendaraan anda tidak akan jalan. Maka merawat aki kendaraan merupakan hal yang mutlak jika kita tidak mau harus mogok dijalan.

aki kering

Sayang harus diakui kualitas aki saat ini tidaklah seperti periode tahun 90-an. Ketika dulu saya kecil saya ingat sekali bahwa bapak saya mengganti aki mobilnya di atas 5 tahun karena sudah melemah, saya masih ingat betul karena saya ikut merawat mobil tersebut dan selalu ikut ke bengkel. Namun saat ini ketika saya tanyakan penjual aki langganan saya di Jogja(sebelah barat Tugu, Toko Denso), usia pakai aki 2 tahun saat ini sudah merupakan umur yang bagus. Katanya sih memang kualitasnya sengaja diturunkan oleh pabrikan, tau sendirilah apalagi kalau bukan motif ekonomi. Sebel juga kali ya pabrikan besar tuh, perputaran barangnya lambat jika harus nunggu 5 tahun umur masa pakai aki 🙂 sehingga aki yang tadinya masuk dalam kategori part slow moving, mungkin saat ini sudah digolongkan menjadi part kategori fast moving, alias yang cepat dan rutin diganti.

Nah bagaimana agar pabrikan nggak terlalu kaya banget, karena terlalu banyak yang cepat ganti aki? Berikut Tips Merawat Aki Kendaraan:

  1. Untuk aki basah, jaga ketinggian permukaan air jangan sampai kering. Mutlak. Untuk aki kering, sebenranya aki kering tetap ada cairan di dalamnya namun tidak banyak anda tidak bisa memantaunya.
  2. Perhatikan kepala aki yang terhubung ke kabel, jika ada tumbukan kerak putih bersihkan dengan air hangat, setelah bersih lumuri dengan gemuk/grase.
  3. Jika kendaraan anda ingin ditinggal dalam jangka waktu yang lama sebaiknya lebas kepala terminal aki yang minus (-), lebih baik jika dua-duanya minus(-) dan positif(+). Ingat, untuk melepas dahulukan yang kutub minus(-). Untuk memasang dahulukan kutub positif(+). Mobil sekarang sudah full ECU terutama mobil Eropa(BMW, VW, Mercedes-Benz) harap konsultasikan dengan bengkel resmi, karena untuk beberapa kendaraan melepas aki bisa merest data ECU(komputer untuk  mesin) mobil anda.
  4. Untuk motor, diupayakan jika sudah lama motor tidak dipakai, ketika start pertama kali menggunakan kick-stater, lakukan beberapa kali di posisi kunci kontak off dan kemudian on-kan. Itu bisa membuat awet cilinder mesin yang belum terlumasi dan aki anda yang dayanya sudah sedikit berkurang.

Kerusakan aki biasanya terjadi pada sell aki-nya. Biasanya karena kualitasnya menurun, aki tidak dapat menyimpan listrik. Indikasinya kalau baru saja kendaraan jalan kemudian di-start akan nyala, tapi dipagi hari stater tidak kuat “ngangkat” karena dalam kurun waktu mesin mati, aki tidak dapat menyimpan listrik dan. Selain itu tips merawat aki salah satunya adalah dengan mengecek ke-asaman air aki, yang punya alatnya biasanya toko aki, setahun sekali bisa di cek, kasih Goceng-lah buat uang rokok tukang aki-nya. 🙂

Oh iya, aki basah saat ini biasanya sudah isi-langsung start. Jadi aki baru langsung isi cairan accu Zur kemudian bisa langsung di pakai. Cuman di toko langganan saya, disarankan untuk men-charge aki dulu sebelum dipakai, Gratis. Katanya sih supaya lebih awet, tapi terbukti kok ini sudah lebih dari 2 tahun aki belum bermasalah, dan rata-rata saya ganti diatas umur 2 tahun.

Semoga berguna 🙂

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Cara Melepas Aki Mobil Peugeot « Java Madura Antik mebel& Joglo Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: